32
0

15 Februari 2022

32

( Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus dengan meng-klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi )

Kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah terlepas dari berbagai pengambilan keputusan yang mempengaruhi jalan hidup kita. Sebelum hidup kita menjadi sebuah surat yang terbuka – suatu messages hidup bagi kemuliaan Kerajaan Allah, maka kita perlu memastikan agar kita menjalani hari-hari dengan berbagai pengambilan keputusan yang akurat.

Berikut ini adalah beberapa prinsip tentang pengambilan keputusan yang menjadikan hidup kita sebagai suatu messages Kerajaan bagi kemuliaan Tuhan:

1. Kehidupan sehari-hari kita akan bisa terus dibangun atau justru mengalami kehancuran, semua itu dipengaruhi atau ditentukan oleh berbagai pengambilan keputusan yang kita buat.

Galatia 6:7 (TB) Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Pastikanlah bahwa pengambilan keputusan kita selalu akurat atau selaras dengan perintah dan janji-janji Tuhan, karena itulah yang akan mengisi dan membangun hidup kita seturut dengan kehendak dan keinginan hati Tuhan. Karena seringkali pengambilan keputusan yang orang lakukan cenderung berdasarkan “mood” yang ia miliki bukan pada pertimbangan kebenaran. Sehingga pengambilan keputusannya cenderung akan mengikuti apa yang dia sukai atau berdasarkan perasaan manusiawi bahkan kedagingannya.

Tapi firman menegaskan bahwa Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Setiap pengambilan keputusan kita akan membawa konsekuensi baik positif atau negatif, seturut dengan tingkah laku dan perbuatan kita (Yeremia 17:10, Mazmur 62:12). Prinsipnya apa yang kita tabur, maka itu juga yang akan kita tuai. Jika kita mengisi hari-hari hidup kita dengan hal-hal yang ilahi dan kebenaran firman, maka hidup kita pasti akan menuai damai sejahtera dan segala kelimpahan surgawi.

2. Ada berbagai keputusan sederhana yang kita buat justru akan membawa dampak yang besar bagi diri kita sendiri, baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

Seperti contoh kisah Alkitab yang dicatat dalam Lukas 17:11-14,  keputusan sederhana yang dilakukan oleh sepuluh orang kusta ketika menaati arahan Yesus, telah mendatangkan mukjizat dalam hidup mereka. Kusta mereka sembuh! 

Demikian juga dalam hidup kita, setiap kali ada arahan firman atau janji Tuhan yang datang dalam hidup kita, sesungguhnya Tuhan telah memberi kita kesempatan untuk kita dapat memilih taat pada firman atau janji tersebut dan perubahan besar atas hidup kita akan terjadi secara begitu saja. 

Siapa yang menyangka sebuah keputusan sederhana untuk menyingkirkan rasa khawatir atau takut dalam hidup kita justru telah menarik datangnya rasa damai dan sejahtera dalam kehidupan sehari-hari kita. Sedangkan satu keputusan sederhana untuk membiarkan rasa khawatir atau takut, juga akan memunculkan berbagai hal buruk dalam hidup kita, seperti depresi, tekanan batin, bahkan tumor atau kanker. Pastikan kita terus mengambil keputusan secara akurat karena kita pun akan menikmati dampak dari keakuratan kita.

3. Keputusan apa pun yang kita buat, tidak hanya akan memberi dampak langsung pada diri kita, tapi juga atas orang-orang yang ada di sekitar hidup kita.

Sebagai contoh jika kita mengambil keputusan untuk mengikuti keinginan daging kita, seperti suka makan makanan yang ‘enak-enak’ (cenderung tidak sehat) dan tidak terkontrol. Hingga akhirnya mendatangkan konsekuensi yang harus ditanggung oleh tubuh kita. Entah memunculkan berbagai penyakit kronis, yang pastinya membawa dampak negatif secara langsung pada diri kita, dan otomatis juga memberi pengaruh kepada orang-orang yang ada di sekitar kita, seperti keluarga, kerabat, teman, dan sebagainya. Janganlah kita merusak tubuh kita yang adalah bait Allah, kemudian justru menyusahkan orang-orang yang mengasihi kita lewat pola hidup kita yang tidak sehat.  

Demikian juga untuk para anak muda yang sedang di mabuk cinta. Pastikan hubungan istimewa yang kalian jalin tetap selaras dengan prinsip kebenaran dan kekudusan-Nya. Karena jika kalian mengikuti dorongan nafsu berahi dalam hubungan kalian, maka sudah bisa dipastikan melalui hubungan yang tidak akurat tersebut akan muncul berbagai masalah pelik yang tidak hanya merusak kehidupan kalian sendiri tapi juga bakal menggoncangkan kehidupan dari keluarga besar yang ada.

Prinsipnya adalah hidup yang akurat pasti selalu mendatangkan hidup yang penuh kemuliaan. #AkuCintaTuhan

Message ini masih akan berlanjut lagi besok.

Ps. Steven Agustinus

____

Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus (text, quote & audio) setiap harinya melalui Whatsapp Anda, dengan cara mendaftarkan diri:
Nama, Kota, No Whatsapp
Kirim ke nomor 0888-6132-106
Atau langsung klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi

Leave a Reply

Your email address will not be published.