45
0

17 Januari 2022

45

( Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus dengan meng-klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi )

Ibrani 12:15 (TSI) Berjaga-jagalah supaya jangan seorang pun di antara kalian yang berhenti berpegang kepada kebaikan hati Allah. Karena kalau ada orang yang seperti itu, dia akan menjadi seperti tanaman beracun yang bisa meracuni orang-orang di antara kita, sehingga banyak orang tertular dengan kenajisannya.

Akar pahit muncul dari hidup seseorang karena orang yang bersangkutan menjauhkan diri dari kasih karunia Allah atau kebaikan hati Tuhan. Tapi yang menjadi pertanyaan, adakah orang yang mau menjauhkan diri dari kebaikan dan kasih karunia Allah?

Jika sampai ada orang yang hidup dalam kepahitan yang dikarenakan ia menjauhkan diri dari kasih Allah, itu artinya orang tersebut sedang tertipu oleh muslihat Iblis dan pikirannya berhasil ter-distract oleh pekerjaan musuh, sehingga hatinya berhasil diserongkan dari kebenaran, serta jadi menjauhkan diri dari kasih karunia Allah.

Itu sebabnya firman menegaskan “JAGALAH supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah!”. Jagai hati dan pikiran kita dari setiap benih musuh yang terus berupaya menumbuhkan akar pahit, kebencian dan segala bentuk emosi negatif. Hendaklah kita pula saling menjagai dan mengkondisikan untuk batin dan hidup kita terus dilingkupi oleh kasih ilahi yang memancarkan damai sejahtera dan sukacita berlimpah. Dengan demikian, kita mendapati ada aliran kehidupan ilahi yang terus mengalir dan mengkondisikan hidup kita tetap terhubung dengan realita hadirat Tuhan dan Kerajaan-Nya.

Yesaya 65:1-2 (TB) Aku telah berkenan memberi petunjuk kepada orang yang tidak menanyakan Aku; Aku telah berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Aku. Aku telah berkata: “Ini Aku, ini Aku!” kepada bangsa yang tidak memanggil nama-Ku. Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada suku bangsa yang memberontak, yang menempuh jalan yang tidak baik dan mengikuti rancangannya sendiri;

Lewat ayat firman di atas, Alkitab memberi penegasan bahwa Allah berkenan untuk memberi petunjuk dan menyatakan realita-Nya, tidak hanya kepada mereka yang tidak menanyakan dan mencari Tuhan saja, namun terlebih bagi setiap kita yang mau mencari dan mengejar Dia.

Jadi adalah tidak wajar jika kita tidak mendapati adanya pekerjaan firman dan Roh yang menjamah dan mengubahkan hidup kita. Tidak wajar jika kita sebagai orang percaya tidak mendapati ada realita Tuhan yang menguasai dan menyertai hidup kita. Itu tandanya bahwa ada yang tidak beres dengan diri dan hidup kita. Hal tersebut menunjukkan bahwa “tanah hati” kita harus segera dibongkar dan digemburkan kembali – menjadi tanah hati yang baik. Sebab pasti kondisi tanah hati kita sudah penuh batu-batu, terhimpit semak belukar atau sudah berupa tanah pinggir jalan (Matius 13).

Pastikan kita sebagai orang percaya terus memberi diri kita bertekun di dalam doa dan persekutuan orang-orang percaya. Sebab sekali lagi, Alkitab menegaskan jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Tuhan menghendaki agar kita dapat berfungsi sebagai bait-Nya yang dapat Ia pakai untuk melepaskan setiap mereka yang terikat, menyembuhkan mereka yang terluka, dan memerdekakan setiap mereka yang terus menyimpan kepahitan dan ganjalan sehingga mereka kembali dapat terhubung dengan realita Tuhan dan Kerajaan-Nya.

Penyebab mengapa masih ada orang-orang percaya yang terus menyimpan ganjalan, kepahitan ataupun konflik batin dalam hidupnya, sekalipun mereka adalah orang-orang yang rajin beribadah dan aktif dalam lingkup pelayanan, alasannya adalah karena adanya suatu luka batin yang tidak tertanggulangi dengan baik atau tidak dibereskan hingga tuntas.

#AkuCintaTuhan

Ps. Steven Agustinus


Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus (text, quote & audio) setiap harinya melalui Whatsapp Anda, dengan cara mendaftarkan diri:
Nama, Kota, No Whatsapp
Kirim ke nomor 0888-6132-106
Atau langsung klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi

Leave a Reply

Your email address will not be published.