35
0

5 Januari 2022

35

( Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus dengan meng-klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi )

Message ini merupakan kelanjutan dari message kemarin.

Kita sedang membahas tentang pekerjaan firman dan Roh yang harus terus terjadi dalam kehidupan sehari-hari orang percaya:

1. Roh Kudus akan terus bekerja membersihkan hidup kita dari berbagai bentuk konflik batin, kebencian ataupun sifat mementingkan diri sendiri.

2. Roh Kudus akan bekerja untuk menyembuhkan berbagai luka batin, tekanan hidup maupun intimidasi yang selama ini terus membayang-bayangi kehidupan umat-Nya.

3. Roh Kudus akan menuntun hidup kita untuk dibawa berkumpul dengan orang-orang benar lainnya yang mencintai kebenaran.

Tuhan tidak menghendaki kita hidup secara individual melainkan hidup secara berkelompok sebagai persekutuan jemaat ataupun keluarga rohani.

1 Tesalonika 5:11-19 (TB) Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu; dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain. Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang. Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang. Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. Janganlah padamkan Roh,

Suka atau tidak suka, Roh Kudus akan membawa setiap individu jemaat untuk tertanam dalam sebuah gereja lokal atau rumah rohani dan belajar meleburkan diri dalam agenda gereja lokal yang ada.

4. Roh Kudus akan memposisikan hidup kita untuk ada dalam pengayoman seorang bapa rohani dan mengadopsi kehidupan ilahi yang sudah Tuhan bangun.

Kitab 2 Timotius 3:1-9 menceritakan betapa bobroknya hidup orang-orang di akhir zaman, bahkan kemerosotan tersebut juga menggerogoti hidup orang percaya sehingga sekalipun secara lahiriah mereka beribadah, tapi pada kenyataannya mereka tidak hidup sesuai dengan firman atau kehendak Tuhan.

Tetapi Paulus berkata kepada Timotius di ayat yang ke-10 : “Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku.”

Tuhan pun menghendaki setiap kita menjadi pribadi yang berbeda dari kebanyakan orang yang hidup mengikuti kehendak dirinya sendiri. Dia membangkitkan para pemimpin yang berfungsi sebagai bapa rohani untuk mulai mengajarkan, mencetak dan membangun kehidupan ilahi dalam hidup jemaat.

Lewat pengayoman seorang bapa rohani, kita ‘dibantu’ untuk membangun dasar keyakinan, sikap hati dan gaya hidup yang sama seperti yang sudah Tuhan bangun dalam kehidupan sang bapa rohani! Jadi adalah wajar untuk jemaat bisa menikmati berbagai keajaiban, mukjizat dan penyertaan Tuhan yang sama seperti yang juga terus dialami oleh sang bapa rohani!

Ibrani 13:7-8 (FAYH) Ingatlah akan pemimpin-pemimpin yang telah mengajarkan Firman Allah kepada Saudara. Renungkanlah segala kebaikan yang telah dihasilkan oleh hidup mereka, dan USAHAKANLAH UNTUK BERIMAN KEPADA TUHAN SEPERTI MEREKA. YESUS KRISTUS TETAP SAMA, KEMARIN, SEKARANG, DAN SELAMA-LAMANYA.

Dengan menjalani jalan hidup yang sama seperti para bapa rohani, otomatis hidup kita pun menjadi dibedakan dan diistimewakan karena realita-Nya selalu menyertai kita (Kejadian 39:2).

Message ini masih akan berlanjut lagi esok hari.

#AkuCintaTuhan

Ps. Steven Agustinus


Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus (text, quote & audio) setiap harinya melalui Whatsapp Anda, dengan cara mendaftarkan diri:
Nama, Kota, No Whatsapp
Kirim ke nomor 0888-6132-106
Atau langsung klik link berikut ini: https://wa.link/homdvi

Leave a Reply

Your email address will not be published.