Keyakinan yang TEGUH!

Ada beberapa hal yang Roh Kudus tekankan untuk TETAP SAYA PERCAYAI:

1. Bapa tidak pernah merancang hal yang buruk untuk terjadi dalam hidup kita.

Tidak peduli apa pun yang terjadi atas hidup kita ataupun sekitar kita, rancangan-Nya dan ketetapan-Nya tidak pernah berubah atas diri kita.

Yeremia 29:11 (TB) Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Ayat di atas lebih lagi dipertegas di dalam kitab Mazmur 91. Saya makin paham, apa yang terjadi atas hidup kita, disebabkan oleh karena apa yang kita percayai. Jadi jika kita mempercayai prinsip di atas, maka itulah yang pasti terjadi.

2. Hidup kita tidak boleh berbeban berat, sebab itu melanggar ‘aturan Kerajaan’, dan bukan porsi kita.

Jika sampai berbeban berat artinya kita sedang memikul beban dari si jahat. Kita telah ditetapkan untuk hidup berkemenangan, penuh sukacita, dan dilingkupi damai sejahtera.

Matius 11:28-30 (TB) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

Kita ditetapkan hidup dalam Kerajaan-Nya yang tidak tergoncangkan.

Matius 6:9-10 (TB) Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Roma 14:17 (TB) Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

3. Hidup itu tidak rumit dan tidak sukar, Tuhan telah menetapkan jalan hidup yang lurus – lurus saja untuk kita.

Amsal 3:5-6 (TB) Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Yesaya 26:7 (TB) Jejak orang benar adalah lurus, sebab Engkau yang merintis jalan lurus baginya.

Yesaya 35:8-10 (TB) Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya. Di situ tidak akan ada singa, binatang buas tidak akan menjalaninya dan tidak akan terdapat di sana; orang-orang yang diselamatkan akan berjalan di situ, dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Mazmur 18:24-26 (TB) 24 (18-25) Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku, sesuai dengan kesucian tanganku di depan mata-Nya. 25 (18-26) Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela, 26 (18-27) terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.

Kalaupun kita menghadapi kondisi yang rumit ataupun sukar, pastikan saja hati kita tetap lurus dan bersukacita, maka jalan hidup kita akan diluruskan oleh Tuhan!

Saya belajar sesuatu, keyakinan kita tidak boleh mengikuti situasi, keadaan ataupun ‘mengedit atau merubah’ apa yang kita yakini (yaitu Firman) melainkan situasi dan keadaanlah yang harusnya mengikuti apa yang kita yakini! Firman Tuhan tidak pernah berubah!

Matius 24:35 (TB) Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top