Menjadi yang TERUTAMA!

Filipi 2:5 (TB) Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Saya merasa ayat di atas menjadi arah yang jelas dari kehidupan yang memanifestasikan Roh Kristus. Yaitu menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. Pertanyaannya, apa yang menjadi pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Kristus Yesus?

Filipi 2:5-8 (FAYH) Hendaklah Saudara bersikap seperti Yesus Kristus, yang tidak menuntut dan tidak tetap berpegang kepada hak-hak-Nya sebagai Allah, meskipun sebenarnya Dia Allah. Ia mengesampingkan kuasa serta kemuliaan-Nya dan mengambil sikap seorang hamba dan menjadi sama seperti manusia. Ia lebih merendahkan diri-Nya lagi, bahkan sampai mati di kayu salib seperti seorang penjahat.

Kristus yang duduk di sebelah kanan Bapa dan memerintah dengan otoritas tertinggi menunjukkan jalan untuk kehidupan kita di bumi ini dapat memanifestasikan keberadaan Kristus. Caranya adalah: Tidak menuntut hak – hak, menjadi hamba, dan sebagai eksekutor dari penggenapan rencana Bapa, bahkan rela berkorban, dan mati terhadap dosa!

Tentunya pikiran, perasaan serta sikap di atas sangat bertentangan dengan prinsip dunia ini yang selalu INGIN MENJADI YANG UTAMA dan TERUTAMA. Itulah spirit yang bekerja di balik kehidupan dan sistem dunia yang ada di antara umat manusia. Mau tidak mau kita sedang terus digiring ke arah sana. Awalnya kita berpikir itu adalah hal yang wajar, bahkan benar, tapi sekarang kita mesti menyadari, justru itu adalah jalan menuju jurang kematian!

Amsal 14:12 (TB) Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Ingatlah, sebagaimana Kristus telah menaklukkan dosa, iblis, dan maut, seharusnya begitu jugalah keberadaan kita yang telah mewarisi Roh Kristus. Maut kita telan dalam kemenangan! Artinya kita tidak boleh SAMA DENGAN PIKIRAN, PERASAAN, DAN SIKAP DUNIA INI. Harus berbeda! Jalan kemenangan yang dunia tawarkan dengan jalan KEMENANGAN sejati yang Yesus tunjukkan sangatlah berbeda.

Filipi 2:2-4 (TB) karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Ayat di atas merupakan perwujudan nyata dalam sekelompok orang yang memanifestasikan pikiran dan perasaan Kristus: Satu roh, satu tujuan, satu agenda, tidak mencari pujian, bahkan menganggap yang lain lebih penting. Jika ini benar – benar bermanifestasi di dalam umat Tuhan, maka tangan Tuhan sendiri yang akan mengangkat kita memerintah bersama dengan Kristus!

Filipi 2:9-11 (TB) Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Saya percaya, keberadaan Kristus yang ada di dalam dan di tengah – tengah kita sebagai satu tubuh Kristus merupakan perwujudan dari KEPENUHAN KRISTUS itu sendiri. Ini waktunya kita meninggalkan kehidupan individualistis dan melangkah dalam kehidupan korporat. Ini jalan satu – satunya untuk kita bisa berfokus pada kehidupan ilahi dan memanifestasikan Kristus seutuhnya.

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top