30 Januari 2023


Yesaya 40:3-5 (TB) Ada suara yang berseru-seru: “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran; maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya.”

Selama sekian waktu lamanya ketika Tuhan memanggil umat pilihan-Nya untuk Dia ‘bergerak’ di atas muka bumi ini, Dia mendapati hanya ada segelintir orang di tengah umat-Nya yang available (siap sedia) dan bangkit menjadi ‘mitra kerja’ dalam menjawab panggilan dan melakukan pekerjaan-Nya. Padahal Tuhan  menghendaki munculnya umat yang selalu available memenuhi panggilan dan hidup menurut ketetapan-Nya.

Firman-Nya menegaskan bahwa ada jalan Tuhan yang telah dinyatakan, di mana setiap lembah harus ditutup, setiap gunung dan bukit harus diratakan, tanah yang berlekuk-lekuk harus menjadi dataran, sehingga kemuliaan Tuhan akan nyata dan orang-orang akan bisa menyaksikan dan memuji kebesaran nama Tuhan. 

Kita adalah umat Tuhan yang sedang mempersiapkan jalan bagi-Nya, apa pun kondisi dan situasi hidup kita di masa lampau, suara Tuhan sudah datang atas kita, dan kuasa firman-Nya akan mengondisikan hidup kita alami ‘penyetaraan’ (equalization) secara ilahi, sehingga Tuhan menemukan orang-orang (umat-Nya) yang siap berpartner bagi penggenapan rencana Tuhan dan kemuliaan Kerajaan-Nya.

Yesaya 40:6-10 (TB) Ada suara yang berkata: “Berserulah!” Jawabku: “Apakah yang harus kuserukan?” “Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semaraknya seperti bunga di padang. Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila TUHAN menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput. Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.” Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: “Lihat, itu Allahmu!” Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Ketika kita meresponi panggilan Tuhan secara akurat, maka apa pun kondisi hidup kita di masa lampau bahkan di masa kini yang digambarkan seperti rumput kering atau bunga yang layu, ketika Tuhan menghembuskan nafas-Nya, maka ada pekerjaan firman dan Roh yang akan mengondisikan diri kita dibangkitkan dan di-upgrade hidupnya. Sehingga kita boleh memiliki suatu kapasitas dan posisi rohani yang baru untuk mulai dapat menyuarakan kebenaran dan memberitakan injil Kerajaan bagi kota-kota dan bangsa-bangsa.

Lewat hidup kita, Tuhan akan bekerja sedemikian rupa untuk menyatakan diri-Nya sehingga orang banyak akan alami ada realita Tuhan yang datang memenuhi hidup mereka, dan mereka akan berlari kepada terang dan jalan Tuhan yang kita tunjukkan.

Penggenapan Yehezkiel 37 akan segera terjadi. Hidup umat Tuhan yang sekian waktu lamanya terasa seperti tulang-tulang yang sudah kering dan pengharapannya telah menjadi lenyap, ketika Tuhan menghembuskan Roh-Nya, Dia akan memberikan kehidupan dan membangkitkan hidup umat-Nya, menjadi suatu tentara pasukan Allah yang sangat besar dan menjejakkan kakinya dengan kuat.

Ketika suara Tuhan datang atas kita, maka ‘pintu-pintu gerbang’ yang telah tertutup akan terangkat begitu saja, umat Tuhan akan dimunculkan menjadi suatu pasukan Tuhan yang besar, di mana engkau akan menjejakkan kaki di kota-kota, membawa suara Tuhan dan menyatakan kuasa Kerajaan-Nya!!

Engkau akan berseru atas kota-kota : “Lihat, itu Allahmu!” Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa!!!


Manifestasi pelayanan tubuh Kristus akan segera tergenapi. Dengar umat Tuhan di kota-kota dan di mana pun engkau berada, Dia sedang melepaskan firman-Nya untuk membawa kita menyatu dalam kesatuan iman di dalam pekerjaan firman dan Roh yang sama untuk melangkah bersama-sama menggenapi kehendak rencana-Nya.

Masanya sudah tiba bahwa pelayanan tubuh Kristus yang sejati akan dinyatakan. Tangan Tuhan sendiri yang membentuk dan menyatukan orang-orang percaya yang memiliki DNA rohani yang sama, dan Dia hembuskan Roh-Nya untuk menyatakan dinamika pekerjaan Roh yang menghantarkan gereja-Nya mengalami realita Tuhan dan proses penyatuan tubuh Kristus sesuai kehendak-Nya.

Ps. Steven Agustinus


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top