Dimiliki oleh KRISTUS!

Permasalahan yang masih sering kita jumpai di antara orang-orang percaya adalah: Rahasia tentang ‘Christ in you’ masih belum disingkapkan oleh Roh Kudus kepada mereka karena ada begitu banyak orang percaya yang hidupnya masih belum sepenuhnya ‘dimiliki oleh Allah’!

Mereka masih hidup bagi diri mereka sendiri, sibuk mengejar ambisi dan kesenangan mereka sendiri, hidup sesuka hati atau hanya mengikuti apa yang mereka anggap baik atau benar. Jadi belum tentu selaras dengan prinsip kebenaran! Pendek kata, mereka mungkin sudah ditebus dari kuasa dosa tapi masih belum sepenuhnya bersedia menjadi hamba kebenaran dan hidup hanya untuk melayani Tuhan!

Inilah yang menjadi alasan mengapa ada banyak orang percaya yang kehidupan sehari-harinya masih terus ada di bawah tekanan, penuh pergumulan, sakit penyakit, hidup dalam ikatan dan sebagainya.

Ulangan 28:47-48 (TB) “Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya, maka dengan menanggung lapar dan haus, dengan telanjang dan kekurangan akan segala-galanya engkau akan menjadi hamba kepada musuh yang akan disuruh TUHAN melawan engkau. Ia akan membebankan kuk besi ke atas tengkukmu, sampai engkau dipunahkan-Nya.

Bandingkan ayat di atas dengan pernyataan yang Yesus berikan:

Matius 11:28-30 (TB) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, AKU AKAN MEMBERI KELEGAAN KEPADAMU. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab KUK YANG KUPASANG ITU ENAK DAN BEBAN-KU PUN RINGAN.”

Matius 6:33 (VMD) Jadi, CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH DAN LAKUKANLAH HAL-HAL YANG BAIK YANG DIKEHENDAKI-NYA. SESUDAH ITU SEMUA YANG LAIN YANG KAMU BUTUHKAN AKAN DIBERIKAN KEPADAMU.

Selama seseorang masih belum dengan rela hati menyerahkan seluruh hidupnya untuk dikuasai oleh Yesus atau kebenaran (inilah konsep dasar tentang menjadikan Yesus sebagai Tuhan), maka artinya orang bersangkutan masih belum akan menerima warisan rohani tentang ‘Christ in you’ atau ditanamkannya Roh Kristus oleh Bapa sendiri ke dalam batinnya!

Roma 8:9 (TB) Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi JIKA ORANG TIDAK MEMILIKI ROH KRISTUS, IA BUKAN MILIK KRISTUS.

Dengan kata lain, Paulus menegaskan bahwa alasan seseorang tidak memiliki Roh Kristus dalam hidupnya adalah karena hidupnya belum dimiliki oleh Kristus dan masih ada ‘individu lain’ yang memiliki hidupnya! Orang tersebut belum mengalami penyingkapan dan impartasi tentang ‘Christ in you’ yang mana akan membawa kehidupan sehari-harinya terus dibedakan dan diistimewakan oleh Bapa serta selalu berkemenangan dalam segala hal! ‘Individu yang lain’ tersebut seringkali merujuk kepada jiwa (pikiran, perasaan dan kehendak) seseorang yang selama ini mendominasi hidupnya. Jiwa yang selama ini mendominasi hidup seseorang juga sering disebut dengan istilah keakuan.

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top