KEWASPADAAN ROHANI

Kita sedang membahas tentang tujuan Tuhan membawa jemaat untuk terus belajar berinteraksi dengan firman adalah:

1. MELALUI INTERAKSI DENGAN FIRMAN, AKAN TERBANGUN KESADARAN AKAN REALITA HADIRAT TUHAN DALAM HIDUP ORANG-ORANG PERCAYA.

2. MELALUI INTERAKSI DENGAN FIRMAN, KITA AKAN MENERIMA POSISI ROHANI YANG SELALU BERKEMENANGAN, MENJADI KUAT ATAU AKURAT DI HADAPAN TUHAN DAN DIPOSISIKAN UNTUK IKUT MEMERINTAH BERSAMA DENGAN KRISTUS (EFESUS 1:19-23, FILIPI 2:5-11).

Perhatikan ayat-ayat berikut:

Yosua 1:8 (TB) JANGANLAH ENGKAU LUPA MEMPERKATAKAN KITAB TAURAT INI, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, SUPAYA ENGKAU BERTINDAK HATI-HATI sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab DENGAN DEMIKIAN PERJALANANMU AKAN BERHASIL DAN ENGKAU AKAN BERUNTUNG.

a. Dengan kita terus bertekun memperkatakan atau merenungkan firman-Nya, kita akan menjadi pribadi yang berhati-hati dalam pengambilan keputusan.

Ingat, setiap keputusan yang kita buat (entah keputusan sehari-hari maupun keputusan yang penting), sangat mempengaruhi perjalanan hidup kita yang selanjutnya. Firman akan menjagai hidup kita jadi tidak gegabah ataupun tergoda untuk mengambil keputusan berdasarkan emosi maupun situasi yang mendesak (Bandingkan kitab 1 Samuel 10:8 dengan 1 Samuel 13:8-14).

Melalui interaksi dengan firman yang terus menerus terjadi dalam diri kita, sesungguhnya kita sedang menumbuhkan ‘alertness’ atau kewaspadaan rohani dalam manusia roh kita, sehingga setiap keputusan yang kita buat selalu sejalan dengan agenda kekal Bapa!

Amsal 3:5-8 (TB) Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan JANGANLAH BERSANDAR KEPADA PENGERTIANMU SENDIRI. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. JANGANLAH ENGKAU MENGANGGAP DIRIMU SENDIRI BIJAK, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

Keputusan yang akurat dan harmoni dengan agenda kekal Bapa adalah jaminan bahwa kehidupan kita pasti akan dipromosikan oleh Bapa sendiri!

Message ini masih akan berlanjut lagi esok hari.

Ps. Steven Agustinus

1 thought on “KEWASPADAAN ROHANI”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top