Dipimpin dan Dituntun oleh Roh Kudus

Ketika orang percaya terus hidup dalam kondisi ‘sangkal diri dan pikul salib’ (sepenuhnya mematikan kedagingan atau keakuannya dan sekarang hidupnya menjadi ‘milik Allah’ seutuhnya), maka Bapa akan mewahyukan kebenaran tentang ‘Christ in you’ ke dalam hidup orang-orang percaya tersebut sekaligus mengimpartasikan Roh Kristus ke dalam hidup mereka. Dengan dimpartasikannya Roh Kristus ke dalam hidup orang percaya, maka ‘Christ in you’ akan mereka miliki – ada suatu pengharapan akan kemuliaan Tuhan, di mana sekarang sudah ada di dalam rengkuhan tangan iman orang percaya yang bersangkutan!

Colossians 1:27 (NET) God wanted to make known to them the glorious riches of this mystery among the Gentiles, which is CHRIST IN YOU, THE HOPE OF GLORY.

Memang manifestasi kemuliaan Tuhan belum terpancar secara penuh dari kehidupan orang percaya, walaupun Kristus sudah hidup di dalam dirinya. Penyebabnya karena Sang Kristus itu ‘baru sekadar’ hidup di dalam diri orang percaya, sedangkan untuk ‘kemuliaan’ itu dimanifestasikan, maka Sang Kristus harus memunculkan Diri-Nya melalui kehidupan sehari-hari dari orang percaya.

Kolose 2:6-7 (TB) KAMU TELAH MENERIMA KRISTUS Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah HIDUPMU TETAP DI DALAM DIA. Hendaklah KAMU BERAKAR DI DALAM DIA DAN DIBANGUN DI ATAS DIA, hendaklah KAMU BERTAMBAH TEGUH DALAM IMAN YANG TELAH DIAJARKAN KEPADAMU, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Paulus menegaskan ada suatu proses yang harus kita jalani bersama Roh Kudus agar Kristus dapat memanifestasikan Diri-Nya melalui kehidupan sehari-hari kita, sehingga kemuliaan Tuhan jadi nyata atas kita (Yesaya 60:1-2):

  1. Kita harus memastikan bahwa hidup kita tetap di dalam Dia.
  2. Kita terus makin berakar di dalam Dia.
  3. Kita terus dibangun di atas Dia.
  4. Kita makin bertambah teguh di dalam iman dan memiliki takaran iman yang terus bertumbuh yang memindahkan gunung serta mengalahkan dunia!

Untuk menyederhanakan penjelasan dari proses tersebut, saya bisa menegaskan bahwa pentingnya untuk kita hidup hanya oleh Roh dan dipimpin oleh Roh Kudus!

Galatia 5:16 (TB) Maksudku ialah: HIDUPLAH OLEH ROH, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Galatia 5:16 (TSIE2.5) Jadi inilah nasihat saya kepada setiap kalian: HIDUPLAH DENGAN TAAT KEPADA PIMPINAN ROH KUDUS. Dengan demikian kamu tidak lagi memuaskan keinginan-keinginan badanimu yang jahat.

Adalah pribadi Roh Kudus yang terus mencari kesempatan untuk mempengaruhi dan menyelaraskan jalan hidup kita, ketika kita masih menjalani kehidupan yang jiwani atau dikontrol oleh keakuan dan arah perjalanan hidup maupun berbagai keputusan kita ditentukan oleh berbagai pertimbangan yang manusiawi. Roh Kudus akan terus bekerja untuk mempengaruhi setiap keputusan kita agar selalu selaras dengan firman dan agenda kekal Bapa.

Oleh karena itu, setelah kita sepenuhnya diyakinkan oleh Roh untuk menyerahkan seluruh aspek hidup kita dan memberikan ‘kursi kepemilikan hidup ini’ kepada Bapa, maka sekarang kita hidup hanya untuk menyukakan hati-Nya dan menyelesaikan agenda kekal-Nya. Sekali lagi, kita membutuhkan peranan Roh Kudus agar Kristus dapat dengan leluasa menyatakan Diri dan bergerak melalui keberadaan sehari-hari kita, sebab Ia sekarang telah ‘hidup’ dan berkuasa dalam diri kita!

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top