Kebiasaan Baru dalam Hidup

Saya mendapati dalam proses pembangunan hidup jemaat menjadi bait-Nya yang kudus, Roh Kudus sedang terus membawa jemaat memiliki kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Galatia 5:16-18 (TB) Maksudku ialah: HIDUPLAH OLEH ROH, maka kamu tidak akan MENURUTI KEINGINAN DAGING. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu DIPIMPIN OLEH ROH, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 

Pekerjaan firman dan Roh sedang membawa jemaat untuk menyerahkan kendali hidup mereka kepada Roh Kudus sehingga Ia dapat membawa kehidupan sehari-hari jemaat berjalan dalam segala kebenaran dan menjadi ‘pusat kehidupan’ bagi semua orang yang berinteraksi dengan keberadaan mereka. 

Seharusnya melalui kehidupan sehari-hari orang-orang percaya akan mulai mengalir berbagai perkara ilahi seperti sukacita, kedamaian, kasih bahkan berbagai kesembuhan atau mukjizat ke dalam kehidupan setiap orang yang berinteraksi dengan diri mereka! Itulah makna sejati tentang dibangun menjadi bait Allah, pusat atau sentralitas kehidupan bagi banyak orang.

Saya meyakini bahwa hari-hari ini Roh Kudus sedang menargetkan setiap orang percaya (khususnya yang terhubung dengan Daily Devotion atau renungan harian Ps. Steven Agustinus), untuk mulai hidup dalam pimpinan atau tuntunan Roh sehingga mulai terbangun suatu kebiasaan baru! 

1. Mendisiplin pikiran sampai mewarisi pikiran Kristus

Seringkali pikiran kita sudah terlanjur membawa pola atau cetakan dunia ini. Jadi kecenderungannya, pikiran kita lebih mudah khawatir daripada beriman. Lebih mudah memerhatikan atau mengingat-ingat hal yang negatif daripada hal-hal yang positif atau kebaikan dalam diri orang lain. Lebih mudah berfokus pada berbagai data atau fakta negatif daripada pernyataan firman atau janji Tuhan.

Itu adalah wujud dari pola dunia ini yang seringkali terus melekat dalam kehidupan orang-orang percaya, bahkan para pendeta! Tapi itu semua sedang diubah melalui pekerjaan Firman dan Roh! 

Roma 12:2 (TB) JANGANLAH KAMU MENJADI SERUPA DENGAN DUNIA INI, tetapi BERUBAHLAH OLEH PEMBAHARUAN BUDIMU, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Amsal 4:23 (VMD) Di atas segala-galanya, HATI-HATILAH TERHADAP YANG KAUPIKIRKAN karena PIKIRANMU MENGENDALIKAN HIDUPMU.

Filipi 4:8 (FAYH) Saudara sekalian yang saya kasihi, pada akhir surat ini saya ingin mengatakan satu hal lagi. ARAHKANLAH PIKIRAN SAUDARA kepada hal-hal yang benar, yang baik, dan yang adil. RENUNGKANLAH hal-hal yang murni dan indah, serta kebaikan dan keindahan di dalam diri orang lain. INGATLAH akan hal-hal yang menyebabkan Saudara memuji Allah dan bersukacita.

Message ini masih akan berlanjut lagi besok.

Ps. Steven Agustinus

1 thought on “Kebiasaan Baru dalam Hidup”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top