27 Januari 2023

Message ini merupakan kelanjutan dari message kemarin.

Kita sedang membahas tentang pentingnya membangun sikap hati yang akurat dalam menerima pesan firman korporat.

1. Datanglah dengan kehausan dan kelaparan akan Firman Tuhan.

2. Pelayanan yang Tuhan sedang bangkitkan di akhir zaman ini adalah PELAYANAN TUBUH KRISTUS (Wahyu 12, Efesus 4:11-16, Filipi 2).

Jadi sesungguhnya agenda pribadi tidaklah berarti apa pun! Turutilah teladan Paulus yang menganggap segala pencapaian dan agenda pribadinya adalah sampah. Ia berfokus pada pengenalan akan Tuhan dan kebangkitan tubuh Kristus yang jauh lebih mulia dan berharga dari apa pun juga (Filipi 3:1-11, Matius 13:44).

Suatu kebodohan jika kita mempertahankan hal yang tidak berharga dan akhirnya kehilangan hal yang sangat mulia. Jadi pada prinsipnya, hidup kita mesti dimerdekakan oleh kebenaran! Roh indiviualistis merupakan ‘ikatan iblis’! Sadarilah hal itu dan berilah diri kita dimerdekakan oleh kuasa kebenaran!

3. Kita mesti secara aktif dan agresif mempersonalisasikan Firman korporat yang kita terima.

Maksudnya adalah memakai Firman yang kita dengar tiap Minggu atau tiap hari dari seorang bapa rohani sejati untuk menjadi bahan perenungan dan deklarasi sampai hidup kita diubahkan. Seluruhnya menjadi siap sedia (available) dan berdaya guna (bertumbuh dalam anugerah yang memberi kemampuan dan kematangan) untuk menyelesaikan agenda Tuhan secara korporat.

Mengapa definisi tersebut menjadi sangat penting? Sebab ada banyak orang yang mempersonalisasikan Firman korporat seturut dengan cara dan pemahamannya sendiri. Alhasil ada perubahan makna dan bobot dari yang sejatinya karena kecenderungan hati yang tidak akurat. Jadi jika kecenderungan hati kita masih ‘individualistis’, maka hasil dari diri kita mempersonalisasikan Firman hanya akan membuat kita semakin menjauh dari tujuan, agenda, dan pekerjaan secara korporat.

4. Perhatikan dengan seksama kecenderungan hati yang kita miliki.

Tiap hari mintalah kepada Tuhan untuk menyelidiki dan menyingkapkan segala kecenderungan hati yang menyimpang dari hati Tuhan. Saya makin paham bahwa peran kecenderungan hati sangat menentukan apakah kita bagian dari tubuh Kristus atau bukan! Jadi jika kita bertanya, mengapa ada orang – orang yang selama ini terus berada dalam kegerakan tapi tidak pernah melebur dalam agenda kerja secara korporat? Jawabannya sangat sederhana, ini permasalahan KECENDERUNGAN HATI.

Doa saya pagi ini untuk orang percaya memiliki kecenderungan hati yang terus mengalami pengaruh ilahi yang akan membuat cinta akan Tuhan, cinta akan kebenaran, dan cinta akan umat-Nya terus bertumbuh semakin pesat. Segala bentuk pengaruh dunia kami tolak bersama, dan kami hadirkan pekerjaan Roh dan Firman dengan kadar yang lebih kuat untuk memenuhi batin. Ini waktunya kecenderungan hati yang sepenuhnya tergila – gila dengan kebenaran dan keberadaan realita Tuhan terbangun dalam hidup orang percaya – termanifestasi secara TERANG BENDERANG menyingkirkan segala bentuk kegelapan. Biar ini menjadi fondasi kehidupan yang tidak pernah bergeser sedikitpun, sehingga apa pun yang menjadi suara dan agenda Tuhan dapat dipahami dan terlaksana secara akurat!

Yesaya 55:11 (TB) demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top