3 Pra-Iman yang HARUS KITA MILIKI

Ibrani 4:1-2 (TB) Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku. Karena kepada kita diberitakan juga kabar kesukaan sama seperti kepada mereka, TETAPI FIRMAN PEMBERITAAN ITU TIDAK BERGUNA BAGI MEREKA, KARENA TIDAK BERTUMBUH BERSAMA-SAMA OLEH IMAN DENGAN MEREKA YANG MENDENGARNYA.

Menarik untuk kita memerhatikan ayat firman di atas. Alasan mengapa kuasa firman menjadi tidak bekerja atau tidak berguna bagi mereka yang mendengar firman, adalah karena ketika mereka mendengar firman, tidak ada iman yang bertumbuh bersama-sama dengan firman yang mereka dengar.

Jadi sebelum ada IMAN YANG BERKUASA, yakni iman yang dapat memindahkan gunung, ataupun iman yang dapat mengalahkan dunia (Markus 11:23-24, 1 Yohanes 5:4), harusnya terlebih dahulu kita sudah punya IMAN terhadap firman yang akan kita terima (kita bisa definisikan kondisi iman tersebut sebagai pra-IMAN).

Apa sebetulnya wujud pra-iman yang harus kita miliki?

  1. Setiap kali kita mendengarkan atau menerima firman, percayalah bahwa ALLAH SANGGUP melakukan segala perkara (Roma 8:28, Filipi 4:13).
  2. Firman adalah hierarki tertinggi di seluruh alam semesta.

Jadi jika Tuhan sudah berfirman, maka tidak ada yang dapat membatalkan atau menggagalkannya. Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang Ia janjikan dan firmankan (Yesaya 55:10-11, Yohanes 1:1-3, Ibrani 11:3).

  1. Setiapkali kita berdoa, Bapa di surga pasti mendengar dan menjawa doa-doa kita.

Bukan karena kesempurnaan hidup kita, tapi karena kita mempunyai Yesus Kristus sebagai Imam Besar Agung yang memahami segala kelemahan, kekurangan dan keterbatasan kita (Ibrani 4:14-16, 10:19-23).

Bangun keyakinan dan pastikan kondisi pra-Iman ini selalu kita miliki setiap kali kita mendengar firman. Inilah yang akan menuntun dan membawa kita memanifestasikan kuasa iman yang sanggup memindahkan gunung ataupun mengalahkan dunia ini.  

Ps. Steven Agustinus

2 thoughts on “3 Pra-Iman yang HARUS KITA MILIKI”

  1. Haleluya, aku bersyukur Tuhan pakai Ps. terus menaburkan benih Kerajaan Sorga dengan tekun dan berulang-ulang sampai memastikan benih tersebut tertanam di tanah hati yang baik. Maju terus Ps. Tuhan Yesus memberkati.

  2. Puji Tuhan , terima kasih Dd Steven. saya sangat terberkati, semakin menikmati Firman Allah bekerja didalam diri saya lewat mempraktekan pra iman.
    lewat pra iman ini, pintu iman dalam diri saya yang selama ini tertutup skrang saya tahu cara membukanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top