BERTUMBUH DALAM HIKMAT, STATURE DAN FAVOR

Memastikan dan mengondisikan diri untuk selalu mengalami adanya dinamika Roh dalam kehidupan sehari-hari kita adalah sesuatu yang sangat vital. Sama seperti kita mengupayakan, memastikan dan mengondisikan diri agar selalu ada denyut jantung yang sehat di dada kita. Dengan adanya dinamika Roh, kita tidak akan begitu saja dicengkeram oleh roh-roh agamawi. Apa pun perintah atau arahan firman, tidak lagi bekerja ‘dari luar ke dalam’ tapi bekerja ‘dari dalam ke luar’!

Yehezkiel 36:26 (FAYH)  Aku akan memberikan kepadamu hati yang baru—AKU AKAN MEMBERIKAN KEPADAMU KEINGINAN-KEINGINAN YANG BARU DAN BENAR —serta memberikan roh yang baru dalam batinmu. Aku akan menyingkirkan hatimu yang mengeras seperti batu karena dosa dan MEMBERIKAN KEPADAMU HATI YANG BARU, YANG LEMBUT DAN PENUH KASIH.

Ada firman anugerah yang bekerja dalam batin kita, mendorong atau menggerakkan kita untuk melakukan hal yang benar dan memperkenan hati Bapa. Dengan terus menaati setiap dorongan dan dinamika Roh yang terjadi dalam batin kita, maka Roh Kudus akan membawa kita mengalami  beberapa hal berikut:

Bertumbuh – manusia roh kita menjadi kuat atau perkasa (Lukas 1:80).

Kesadaran akan berbagai hal rohani dan perkara surgawi jadi bertumbuh. Kita dibawa oleh Roh untuk memiliki hasrat dalam hal mengejar berbagai perkara rohani dan menjadikannya menyatu dalam kehidupan sehari-hari kita. 

Jadi segala bentuk hasrat atau keinginan daging akan tersingkir begitu saja. Tidak ada lagi pergumulan melawan berbagai perbuatan daging (Galatia 5:19-21), sebaliknya buah-buah Roh akan jadi terus bermanifestasi secara nyata! 

Dibawa memasuki masa persiapan hingga tibanya waktu ia dipromosikan oleh Tuhan (Lukas 1:80).

Terkadang, Roh Kudus akan terasa seperti ‘hilang’ dan kita seakan hidup di padang gurun. Kita harus menghadapi berbagai serangan atau gangguan roh-roh jahat dan menaklukkannya dengan menggunakan kuasa firman (Matius 4:1-11, Markus 1:11-12, Lukas 4:1-13).

Hal ini akan terus terjadi sampai kita jadi terbiasa untuk menerima datangnya firman dalam berbagai situasi atau keadaan hidup (Lukas 3:1-2, Matius 4:4).

Bertumbuh dalam hikmat (Lukas 2:52).

Kata “Hikmat” ditulis dengan kata Yunani, Sophia, yang dapat diartikan: Luas, penuh kecerdasan, sering dipakai untuk menggambarkan seseorang yang memiliki wawasan pengetahuan atau berpikir yang luas (Amsal 3:13-19).

Bertumbuh dalam Stature (Lukas 2:52).

Kata “Stature” ditulis dengan kata Yunani, Hēlikia (baca: hay-lik-ee’-ah), yang dapat diartikan: Mencapai suatu kondisi tertentu yang membuatnya jadi cocok untuk melakukan sesuatu, memiliki reputasi tertentu – sering disebut sebagai ‘orang yang diurapi’. 

Dinamika dan dorongan yang Roh Kudus lakukan dari dalam hidup kita akan membawa kita menumbuhkan berbagai potensi, skill, kompetensi yang awalnya tidak kita miliki tapi kita butuhkan untuk menyelesaikan kehendak-Nya atas hidup kita. 

Bertumbuh dalam Favor (Lukas 2:52).

Kata “Favor” ditulis dengan menggunakan kata Yunani, Charis, yang juga memiliki makna: Niat baik, tindakan baik yang dipengaruhi oleh suatu kekuatan ilahi yang bekerja atas jiwa seseorang.

Jadi Roh Kudus akan bekerja secara sedemikian rupa bukan hanya dalam hidup kita tapi juga dalam kehidupan orang-orang lain yang berinteraksi dengan kita, termasuk dalam keberadaan Bapa di surga! 

Roh yang terus membentuk dan mempersiapkan hidup kita untuk berdaya guna bagi Kerajaan Sorga juga akan bekerja dalam hidup orang-orang lain yang berinteraksi dengan diri kita, termasuk dalam hati Bapa di surga supaya bertindak menunjukkan kemurahan, rela melakukan kebaikan, bersedia menolong kita dalam segala situasi yang kita hadapi dan melakukan berbagai tindakan yang membuat hidup kita jadi mudah walaupun kita tidak memintanya.

Teruslah bertekun untuk memperkatakan dan merenungkan firman-Nya sampai firman itu terus terngiang-ngiang dalam batin kita dan mulai memberikan kesadaran serta mendorong kita melakukan sesuatu.

Ps. Steven Agustinus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami
Scroll to Top