RANCANGAN TUHAN bagi HIDUP KITA

Percaya nggak, kalo Tuhan punya rencana yang keren banget untuk hidup kita! Alkitab menulis kalau rancanganNya itu bukan rancangan kecelakaan, tapi masa depan yang penuh harapan. Waktu kita jatuh, dia turun tangan untuk membangkitkan kita. Dia ga akan pernah biarin kita jatuh tergeletak. Yeremia 29:11 (TB) Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku […]
Read More RANCANGAN TUHAN bagi HIDUP KITA

BREAK FREE : Hidup merdeka di dalam Tuhan!

Tidak ada yang seharusnya membuat hidup kita terasa begitu berat hingga membuat kita merasa kewalahan dalam menjalaninya sehari-hari. Ini bukanlah kondisi yang normal, karena Tuhan menghendaki agar kita dapat menikmati hidup dengan ringan dalam semua hal! Matius 11:28-30 mengajarkan kita untuk datang kepada-Nya saat kita lelah dan terbebani, karena Ia akan memberikan kelegaan bagi kita. […]
Read More BREAK FREE : Hidup merdeka di dalam Tuhan!

MENGENAKAN yang TIDAK DAPAT BINASA

Ternyata hati ini memang tidak sanggup menampung ataupun menerima hal – hal yang bersifat negatif. Jika “sudah” terlalu banyak, maka batin ini akan berteriak. Jika terus kita paksakan, maka hidup kita akan terus digerogoti oleh maut. Kita jadi lelah, sakit, dan jiwa pun jadi terganggu. Apalagi jika kita menyimpan berbagai kesalahan orang lain, roh kita […]
Read More MENGENAKAN yang TIDAK DAPAT BINASA

Hari hari SURGA di BUMI

Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan tentang ayat Filipi 4:8. Ayat ini mengajak kita untuk fokus pada hal-hal yang benar, baik, adil, murni, indah, dan patut dipuji. Ketika kita memikirkan hal-hal ini, hati kita akan dipenuhi dengan sukacita dan damai sejahtera. Roh Kudus terus mengingatkan saya tentang ayat ini. Saya semakin memahami […]
Read More Hari hari SURGA di BUMI

Hidup TANPA BEBAN

Hidup tanpa beban dan penuh sukacita? Bisa banget! Rahasianya? Terhubung dengan Tuhan dan jadikan Dia satu-satunya pengharapan. Gimana caranya? 1. Curhat Bebas ke Tuhan Ada yang ‘mengganjal’ di hati? Curhat aja sama Tuhan! Ceritakan detailnya dengan penuh iman. Percaya deh, Dia bakal kasih jawaban lewat Firman-Nya. 2. Diskusi Terbuka dengan Tuhan Bingung, galau, atau ada […]
Read More Hidup TANPA BEBAN

Proses pembentukan oleh ROH KUDUS

Jika kita memerhatikan proses pembentukan dan pekerjaan Roh Kudus dalam hidup orang-orang percaya, kita mendapati adanya beberapa patokan sebagai berikut: ROH MEMBAWA KITA MENGALAMI KELAHIRAN BARU. Saat kita mengakui dosa-dosa kita dan percaya pada karya penebusan-Nya, kita dimerdekakan oleh Roh dari kuasa ikatan dosa. Kita dibawa ‘mati’ bersama Kristus supaya mengalami kebangkitan bersama Kristus juga. […]
Read More Proses pembentukan oleh ROH KUDUS

Menjadi yang TERUTAMA!

Filipi 2:5 (TB) Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, Saya merasa ayat di atas menjadi arah yang jelas dari kehidupan yang memanifestasikan Roh Kristus. Yaitu menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. Pertanyaannya, apa yang menjadi pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Kristus […]
Read More Menjadi yang TERUTAMA!

Memiliki ROH KRISTUS!

Roma 8:9 (TB) Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi JIKA ORANG TIDAK MEMILIKI ROH KRISTUS, IA BUKAN MILIK KRISTUS. Tentunya Bapa menghendaki untuk kita semua yang telah ditebus bisa memiliki Roh Kristus. Oleh karena itu, Roh Kudus hadir dalam hidup kita untuk membawa […]
Read More Memiliki ROH KRISTUS!

Dipimpin dan Dituntun oleh Roh Kudus

Ketika orang percaya terus hidup dalam kondisi ‘sangkal diri dan pikul salib’ (sepenuhnya mematikan kedagingan atau keakuannya dan sekarang hidupnya menjadi ‘milik Allah’ seutuhnya), maka Bapa akan mewahyukan kebenaran tentang ‘Christ in you’ ke dalam hidup orang-orang percaya tersebut sekaligus mengimpartasikan Roh Kristus ke dalam hidup mereka. Dengan dimpartasikannya Roh Kristus ke dalam hidup orang […]
Read More Dipimpin dan Dituntun oleh Roh Kudus

Dimiliki oleh KRISTUS!

Permasalahan yang masih sering kita jumpai di antara orang-orang percaya adalah: Rahasia tentang ‘Christ in you’ masih belum disingkapkan oleh Roh Kudus kepada mereka karena ada begitu banyak orang percaya yang hidupnya masih belum sepenuhnya ‘dimiliki oleh Allah’! Mereka masih hidup bagi diri mereka sendiri, sibuk mengejar ambisi dan kesenangan mereka sendiri, hidup sesuka hati […]
Read More Dimiliki oleh KRISTUS!

Jujur di hadapan Tuhan

Habakuk 3:17-19 (FAYH) Sekalipun pohon ara sudah dihancurkan semua dan tidak ada bunga atau buahnya yang tertinggal; sekalipun panen zaitun mengalami kegagalan, dan ladang-ladang tidak subur lagi; sekalipun kambing domba mati di padang rumput dan kandang sapi kosong, aku akan tetap bersukacita di dalam TUHAN; aku akan merasa bahagia di dalam Allah yang menyelamatkan aku. Tuhan […]
Read More Jujur di hadapan Tuhan

3 PRINSIP MENGAMPUNI

Prinsip mengampuni merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu diaplikasikan di dalam kehidupan kita sehari – hari. Sebab entah bagaimana kehidupan ini seolah menantang kita dengan memberikan orang – orang khusus sebagai ‘sparing partner’ (orang – orang yang sering menjengkelkan) untuk MELATIH HATI agar semakin MAHIR dalam hal mengampuni. Percayalah bahwa hal tersebut bukan […]
Read More 3 PRINSIP MENGAMPUNI

PERCAYA SAJA

Peperangan, krisis ekonomi, bencana alam, perubahan iklim, semuanya itu sudah pernah terjadi berkali – kali di atas muka bumi ini. Tidak hanya Alkitab yang mencatat, tapi sejarah pun juga menuliskannya. Jadi segala yang terjadi di atas bumi pada saat ini merupakan hal yang ‘biasa saja’ karena pada dasarnya sudah pernah terjadi. ( Klik link untuk […]
Read More PERCAYA SAJA

3 Pra-Iman yang HARUS KITA MILIKI

Ibrani 4:1-2 (TB) Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku. Karena kepada kita diberitakan juga kabar kesukaan sama seperti kepada mereka, TETAPI FIRMAN PEMBERITAAN ITU TIDAK BERGUNA BAGI MEREKA, KARENA TIDAK BERTUMBUH BERSAMA-SAMA OLEH IMAN DENGAN MEREKA YANG […]
Read More 3 Pra-Iman yang HARUS KITA MILIKI

KETEGUHAN HATI untuk MERENUNGKAN FIRMAN

Yosua 1:7-8 (TB) Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati […]
Read More KETEGUHAN HATI untuk MERENUNGKAN FIRMAN

PEMELIHARAAN TUHAN yang SEMPURNA

1 Tesalonika 5:23-24 (TB) Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya. Ayat ini terus berbicara kuat dan sangat pribadi dalam hidup saya, memberikan suatu KEPASTIAN DAN KEYAKINAN bahwa […]
Read More PEMELIHARAAN TUHAN yang SEMPURNA

KEBENARAN yang MEMERDEKAKAN

Dunia ini sedang terus mencetak kita untuk memiliki pemikiran yang salah ketika kita menghadapi situasi dan kondisi yang buruk. Kita jadi merasa bahwa Tuhan menjauh dan seolah seruan hati yang kita panjatkan tidak didengar oleh Tuhan. Pada kondisi inilah biasanya orang mulai merasa sendiri, mengasihani diri, dan akhirnya lelah serta frustasi. Jika kondisi ini terus […]
Read More KEBENARAN yang MEMERDEKAKAN

SUDUT PANDANG TUHAN

Dalam penyembahan saya melihat ada sepasang bola mata yang berwarna biru bagaikan api dan juga seperti samudera yang dalam serta bergelora. Bola mata itu diberikan Tuhan untuk mengganti dua bola mata yang saya miliki. Penglihatan itu membuat saya sangat berkobar, dan segera saya membawa hal tersebut di dalam doa.  Berikut beberapa hal yang saya terima […]
Read More SUDUT PANDANG TUHAN

KELELAHAN SECARA MENTAL

Orang yang hatinya penuh dengan konflik batin dan sangat mudah mengalami perubahan suasana hati karena situasi dan keadaan, sesungguhnya ia akan menjalani hidup ini dengan berbeban berat. Pasti ada saja situasi dan kondisi hidupnya yang membuat dirinya sangat ‘down’! Hal ini mengakibatkan ‘kelelahan mental’ yang cukup parah. Ada kesakitan jiwa bahkan kesakitan di dalam tubuh […]
Read More KELELAHAN SECARA MENTAL

Mengasihi Tuhan Tanpa Syarat

Saya makin melihat bahwa kehidupan yang dunia tawarkan sangatlah rapuh. Dunia mencetak kita untuk membangun hidup berdasarkan kekuatan diri sendiri dan uang. Seolah ada kebahagiaan dan kehidupan yang pasti di sana, padahal tidak! Itu adalah tipu daya dunia ini. Namun permasalahannya cetakan dunia itu belum sepenuhnya tercabut bagi kita orang percaya. Beberapa indikasi bahwa masih […]
Read More Mengasihi Tuhan Tanpa Syarat

DINAMIKA ROH

Galatia 5:16-18 (TB) Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu […]
Read More DINAMIKA ROH

BERTUMBUH DALAM HIKMAT, STATURE DAN FAVOR

Memastikan dan mengondisikan diri untuk selalu mengalami adanya dinamika Roh dalam kehidupan sehari-hari kita adalah sesuatu yang sangat vital. Sama seperti kita mengupayakan, memastikan dan mengondisikan diri agar selalu ada denyut jantung yang sehat di dada kita. Dengan adanya dinamika Roh, kita tidak akan begitu saja dicengkeram oleh roh-roh agamawi. Apa pun perintah atau arahan […]
Read More BERTUMBUH DALAM HIKMAT, STATURE DAN FAVOR

KEWASPADAAN ROHANI

Kita sedang membahas tentang tujuan Tuhan membawa jemaat untuk terus belajar berinteraksi dengan firman adalah: 1. MELALUI INTERAKSI DENGAN FIRMAN, AKAN TERBANGUN KESADARAN AKAN REALITA HADIRAT TUHAN DALAM HIDUP ORANG-ORANG PERCAYA. 2. MELALUI INTERAKSI DENGAN FIRMAN, KITA AKAN MENERIMA POSISI ROHANI YANG SELALU BERKEMENANGAN, MENJADI KUAT ATAU AKURAT DI HADAPAN TUHAN DAN DIPOSISIKAN UNTUK IKUT […]
Read More KEWASPADAAN ROHANI

Makanan Rohani apa yang selama ini kita makan ?

Tujuan Tuhan membawa jemaat untuk terus belajar berinteraksi dengan firman adalah: 1. UNTUK MEMBANGUN KESADARAN AKAN REALITA HADIRAT-NYA. Suka ataupun tidak, dunia ini sudah berhasil mencetak pikiran dan emosi orang-orang percaya untuk lebih mudah merasakan, meresponi, mencerna dan mengekspresikan hal-hal negatif yang terjadi di sekeliling hidup mereka. Otomatis hal ini membuat mata hati mereka terus […]
Read More Makanan Rohani apa yang selama ini kita makan ?

Memperkatakan Firman

Message ini merupakan kelanjutan dari message kemarin. Dengan terbangunnya kebiasaan baru untuk menghafalkan ayat-ayat firman, otomatis lebih mudah bagi orang-orang percaya untuk terus mengingat firman tersebut ketika mereka membutuhkannya bahkan mengondisikan untuk firman tersebut jadi terus terngiang dalam pikiran atau hati mereka. Perhatikan janji Tuhan untuk mereka yang terus bekerja sama dengan Roh Kudus dalam […]
Read More Memperkatakan Firman

Kebiasaan Baru dalam Hidup

Saya mendapati dalam proses pembangunan hidup jemaat menjadi bait-Nya yang kudus, Roh Kudus sedang terus membawa jemaat memiliki kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari mereka. Galatia 5:16-18 (TB) Maksudku ialah: HIDUPLAH OLEH ROH, maka kamu tidak akan MENURUTI KEINGINAN DAGING. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya […]
Read More Kebiasaan Baru dalam Hidup

Ketetapan Hati

Tuhan mengajarkan ketetapan hati untuk terus berada di jalan yang telah ditempuh : 1. Pelatihan membangun manusia roh mesti terus kita jagai, pertahankan, dan tingkatkan. Sebab hal inilah yang membuat kita tetap berkemenangan dalam segala hal. Sekeras apapun kondisi dunia yang ada tidak akan pernah sanggup menghancurkan diri kita. Justru kita yang akan jadi jauh […]
Read More Ketetapan Hati

Tuhan sedang membersihkan umat-Nya

Tantangan Timotius dalam memimpin jemaat Efesus adalah ‘pengajaran lain’ yang bertumbuh di tengah – tengah jemaat. Ajaran ini berasal dari orang – orang yang dahulu mengikut Paulus lalu menjadi murtad dan meninggalkan bahkan melawan Paulus lalu mengaku diri sebagai Rasul (Wahyu 2:2). Sekali lagi Roh menegaskan, inilah orang – orang yang ‘ingin mencari panggung untuk […]
Read More Tuhan sedang membersihkan umat-Nya

Allah yang SETIA

Ada satu sifat Tuhan yang saya rasakan: Dia adalah Allah yang sangat setia! Jika Tuhan telah memilih seseorang untuk berpartner dengan-Nya, maka Tuhan akan setia dengan orang tersebut walau apa pun yang akan terjadi. Ia akan memastikan tetap bersama dengan orang tersebut sampai apa yang Ia rencanakan tergenapi! Tidak semua orang tentunya diperlakukan Tuhan seperti […]
Read More Allah yang SETIA

Pemulihan Tubuh Kristus di Indonesia

Dalam doa saya terus mendengar suara para hamba Tuhan yang ada di pelosok negeri. Mereka sangat merindukan kebangunan rohani! Banyak dari antara mereka yang hampir menyerah, frustasi, bahkan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Saya terus melepaskan doa – doa di dalam roh dan saya yakin, Tuhan mendengar doa dan segera menjawab. Dengan cara-Nya, […]
Read More Pemulihan Tubuh Kristus di Indonesia

BERHENTI MEMIKIRKAN MASALAH!

Kita perlu melatih ulang pikiran kita agar berasosiasi dengan kehidupan, bukan kematian! Dengan demikian, kehidupan kita akan senantiasa sehat, penuh damai sejahtera, dan sukacita. Sesungguhnya kita tidak pantas menjalani hidup penuh beban berat dan permasalahan, sebab pada dasarnya apa pun permasalahan yang kita alami, seharusnya ada ‘di luar’ kita, tidak boleh ada ‘di dalam’ kita. […]
Read More BERHENTI MEMIKIRKAN MASALAH!

Luka Hati dari Masa Lalu

Orang yang tidak membereskan luka hatinya akibat benturan kehidupan di masa lampau akan selalu membawa aura konflik yang membuat dirinya banyak berkonflik dengan orang sekitarnya. Hal – hal kecil yang sebetulnya tidak perlu jadi masalah, akan dibuat menjadi masalah besar. Itulah manifestasi orang yang terluka, selalu merasa ‘tersakiti’ dengan tingkah, sikap, dan tindakan orang lain.  […]
Read More Luka Hati dari Masa Lalu

Bergaul Karib dengan Tuhan

Pagi ini Roh Kudus mengajar saya untuk mengenal Dia sebagai Tuhan dari Henokh! Tidak banyak catatan dalam Alkitab yang bercerita tentang Henokh, namun tiap kisahnya memiliki kesan yang sangat mendalam: Henokh beriman bahwa Tuhan adalah pribadi yang mengalahkan maut, kekal, dan sanggup membawa tubuhnya masuk ke dalam kekekalan tanpa melewati kematian secara lahiriah. Karena iman […]
Read More Bergaul Karib dengan Tuhan

MENYESALI KEHIDUPAN

Seringkali kita merasa bahwa hidup ini ‘tidak adil’ bagi kita, karena mungkin ada banyak fakta negatif yang memang harus kita hadapi dalam hidup sehari – hari. Dan seringkali kita jadi merasa ‘tidak bisa mengalami kebahagiaan yang utuh’, sehingga pelan tapi pasti kita mulai ‘menyesali’ kehidupan ini. Berhati – hatilah dengan berbagai pemikiran dan perasaan tersebut, […]
Read More MENYESALI KEHIDUPAN

Solusi dari Tuhan itu Sederhana

Saya belajar beberapa hal dalam beberapa hari ini : 1. Solusi dari Tuhan itu mudah. Ada banyak orang percaya yang memiliki banyak masalah hidup yang kompleks, ketika diberikan solusi yang ‘sederhana’ justru dianggap terlalu berat, terlalu tinggi, dan sulit untuk dipahami. Padahal solusinya sangatlah mudah untuk dilakukan: Cukup memperkatakan janji atau Firman yang kita terima […]
Read More Solusi dari Tuhan itu Sederhana

Hidup HANYA dari FIRMAN

Pagi ini saya minta kepada Roh Kudus untuk menjadi pelaku Firman dari ayat di atas. Saya merasa, ayat tersebut memiliki bobot lebih dalam dari yang selama ini kita baca dan ketahui. Sebab terkandung dimensi yang ‘memimpin dan menuntut’ kita untuk hidup hanya dari satu inputan, yaitu suara Tuhan, bukan dari buah pengetahuan baik dan jahat. […]
Read More Hidup HANYA dari FIRMAN

PUSAT KEGERAKAN TUHAN

Saya mendapati betapa pentingnya pelatihan membangun manusia rohani untuk ‘ter-install’ dengan sempurna ke dalam hidup kita sebagai orang percaya. Jika ‘pelatihan ini’ sungguh – sungguh dipraktekkan secara akurat, maka berbagai ‘permasalahan’ yang seringkali ‘dapat membahayakan kegerakan yang ada’ tidak perlu muncul. Seperti contoh permasalahan: Seandainya kita sungguh – sungguh membangun manusia rohani seperti yang tertulis […]
Read More PUSAT KEGERAKAN TUHAN

BERSUKACITA SENANTIASA

Bagaimana caranya agar kita bisa dilingkupi sukacita senantiasa? 1. SADARILAH BAHWA ‘BERSUKACITA SENANTIASA’ MERUPAKAN PERINTAH DARI TUHAN SEBAGAI RAJA. Jadi sifatnya mutlak tidak bisa ditawar, sebab itulah keputusan dan perasaan yang mesti termanifestasi dalam kehidupan kita sehari – hari. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bersukacita. Hal itu sangatlah penting dan perintah yang mesti ditaati! […]
Read More BERSUKACITA SENANTIASA

PENEBUSAN KRISTUS yang SEMPURNA

Dalam membangun takaran iman, kita harus pastikan bahwa hidup kita terus terhubung dengan realita hadirat Tuhan, sebab inilah yang menjadi kunci bahkan intisari dari kehidupan kekristenan itu sendiri. Jadi setiap kali kita berdoa, menyembah bahkan menjalani aktivitas sehari-hari, sudah sewajarnya kita selalu mendapati ada jamahan ilahi yang memberi kita kedamaian dan sukacita, bahkan mengubah kondisi […]
Read More PENEBUSAN KRISTUS yang SEMPURNA

Menikmati waktu bersama BAPA

Saat saya belajar untuk senantiasa menanti – nantikan Tuhan dengan aktif, maka saya mendapati ‘proses’ tersebut semakin ‘menyenangkan hati’. Roh Kudus membawa ke dalam dimensi pengenalan akan Bapa. Tiba – tiba saja saya seperti merasa kehadiran Bapa yang seolah mengajak ‘bermain’ anaknya dengan ‘menyembunyikan diri’. Mungkin hal ini terdengar aneh bagi sebagian orang, tapi begitulah […]
Read More Menikmati waktu bersama BAPA

KEHIDUPAN DI LUAR TUHAN

Jika kita memerhatikan kitab Kejadian 3:1-24, maka kita akan mendapati suatu kondisi kehidupan di luar Tuhan akibat interaksi dengan makhluk yang berada di alam roh (tentunya pekerjaan iblis): 1. Manusia terus hidup dalam peperangan yang tidak berkesudahan. Kecenderungan hati manusia terus diarahkan oleh tipu daya iblis agar tidak hidup dari Firman yang keluar dari mulut […]
Read More KEHIDUPAN DI LUAR TUHAN

Mengucap Syukur DALAM SEGALA HAL

Ada beberapa penyebab seseorang kehilangan hati yang bersyukur : 1. GAGAL MEMAKNAI SUATU PERISTIWA, SITUASI, DAN KEADAAN YANG BURUK DENGAN MAKNA YANG POSITIF. Mereka gagal melihat dari angle (sudut atau posisi) yang berbeda. Alhasil fokus perhatiannya hanya pada hal yang buruk, padahal ada begitu banyak hal baik di sekelilingnya yang tidak ia perhatikan. Dunia berhasil […]
Read More Mengucap Syukur DALAM SEGALA HAL

MENANTIKAN TUHAN

Saat kita berdoa tapi tidak merasakan realita Tuhan yang kuat, janganlah berhenti berdoa. Teruslah menantikan Tuhan dengan aktif, bahkan lupakan waktu yang ada. Jika harus sampai berjam – jam pun tidak mengapa. Sebab sesungguhnya Tuhan tetap ada, hanya Ia sedang ingin melatih kesungguhan hati kita dalam mengejar realita Tuhan. Dengan demikian, kita akan terus ‘menghargai […]
Read More MENANTIKAN TUHAN

PERSIAPAN menghadapi KRISIS

Saat pemberitaan mengenai krisis ekonomi dunia semakin santer terdengar, banyak orang menjadi takut lalu melakukan banyak ‘persiapan secara lahiriah dan berbagai strategi untuk bisa survive’ dalam menghadapi masa tersebut. Itulah respon dan naluri dari makhluk hidup untuk ‘beradaptasi dan bertahan hidup’. Pagi ini saya tiba – tiba memahami sesuatu : KITA BUKANLAH MAKHLUK HIDUP, TAPI […]
Read More PERSIAPAN menghadapi KRISIS

Perkataan Iman

Seringkali mulut ini kita pakai untuk menyalurkan ledakan emosi negatif yang terjadi dalam batin dengan berbagai perkataan yang menghancurkan orang lain. Padahal, apa yang keluar dari mulut kita sesungguhnya dapat menentukan mati dan hidupnya diri kita juga orang lain. Mulut kita memainkan peranan penting terhadap hidup kita sehari – hari. Jika kita ingin ‘digerogoti oleh […]
Read More Perkataan Iman

YESUS SANG RAJA DAMAI

Kata “Raja Damai” terus berbicara dan bergelora dalam batin saya. Lalu Roh Kudus membawa saya mengingat momen – momen ‘krusial’ (bahaya maut) yang pernah dialami oleh Yesus. BERJALAN DI ATAS AIR DAN BADAI YANG BERGELORA Semua kita mengetahui kisah ini, tetapi jarang yang mau mengalami hal yang sama. Padahal kita membutuhkan sikap dan respon yang […]
Read More YESUS SANG RAJA DAMAI

Menjadi orang yang Berpengaruh dan Terpandang

Tuhan sudah berjanji bahwa Dia akan membangkitkan satu generasi orang percaya yang sepenuhnya hidup dari firman dan dimunculkan menjadi orang-orang yang berpengaruh, terpandang dan disegani di masyarakat luas.  Engkau adalah generasi orang percaya yang menggenapi nubuatan kitab Yesaya 60:1-3: Perhatikanlah proses pembentukan hidup yang Abraham alami karena hal yang sama akan terjadi dalam hidupmu!  Roma […]
Read More Menjadi orang yang Berpengaruh dan Terpandang

Kecenderungan hati

Saya seperti tersadarkan, bahwa aspek terpenting dan terutama dalam kegerakan sekarang dan yang akan datang adalah aspek KECENDERUNGAN HATI. Ini menjawab berbagai pertanyaan dan situasi yang ada. Mengapa masih ada yang ‘wait and see’? Mengapa masih ada yang belum mau melebur? Mengapa masih ada yang sibuk sendiri? Mengapa masih ada yang keluar masuk dalam kegerakan? […]
Read More Kecenderungan hati

Manfaat Membaca Alkitab

Saat kita setiap hari membaca Alkitab berpasal-pasal dengan tekun dan dengan hati yang haus-lapar akan realita Tuhan, maka kita akan mendapati adanya pemahaman – pemahaman yang Tuhan berikan beserta dengan berbagai dimensi rohani yang masuk dan tersimpan di dalam batin kita. 1. Yakinlah, bahwa itu adalah harta sejati yang akan sangat berguna untuk kehidupan saat […]
Read More Manfaat Membaca Alkitab

Bukan aku yang hidup, tapi KRISTUS DALAMKU

Tuhan menghendaki agar setiap kita yang telah menerima anugerah iman yang menyelamatkan dapat terus mengembangkan takaran iman yang kita miliki untuk menumbuhkannya dari satu level iman kepada level iman selanjutnya, sebab sesungguhnya Tuhan menyediakan ada berbagai dimensi iman yang dapat kita masuki sehingga kita bisa menikmati jenis kehidupan sehari-hari di dalam realitas Kerajaan Allah. Hidup […]
Read More Bukan aku yang hidup, tapi KRISTUS DALAMKU

Manfaat Membaca dan Mendoakan Firman Tuhan

Jangan anggap remeh perenungan dan pembacaan Firman dengan hati yang haus dan lapar akan realita Tuhan, serta mendoakan dan mendeklarasikan ayat-ayat Firman. Sebab semua itu akan membangun kesadaran: 1. Bahwa Firman Tuhan bukan hanya ‘sekadar kata – kata’, melainkan PRIBADI. Jadi ketika kita bersekutu dengan Firman-Nya, seketika kesadaran akan realita Tuhan itu sendiri akan terbangun […]
Read More Manfaat Membaca dan Mendoakan Firman Tuhan
Chat kami
Scroll to Top